Minggu, 11 Oktober 2015

laporan modul 3,4,dan 5



Nama    : Riski Tuloli
Kls          : A/1
MK         : Desain Grafis

Postingan kali ini saya akan membuat kalender, boneka, dan kartun. Sebelum kita masuk ke langkah-langkah pembuatan kalender, boneka, dan kartun kita harus siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan tersebut.
Sebelumnya yang disiapkan adalah:
-          Gambar utama
-          Gambar tambahan
-          Font-font yang menarik
-          Dan kombinasi warna

v  Sekarang kita masuk kelangkah-langkah pembuatan kalender
Langkah 1
Sperti biasa, kita buka program adobe photoshop, siapkan gambar yang di gunakan sebagai pengisi kalender. Gunakan poto anda ingin di jadikan sebagai wallpaper kalender.




Langakah 2
Buat file baru, caranya dengan memilih menu file > new. Ganti ukuran kanpas tersebut dengan ukuran 800x600 pixel.


Langkah 3
Buka gambar atau poto yang akan di gunakan sebagai pengisi kalender. Kemudian masukkan gambar tersebut kedalam file yang baru. Caranya dengan menggunakan move tool. Geser gambar dari file sumber ke file target.


Langkah 4
Atur posisi gambar agar sesuai dengan file kalender tersebut, jika perlu ukuranya di ubah sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.


Langah 5
Untuk  variasi bentuk background, maka pada gambar ini kita buat agar seolah gambar model bentuk melengkung. Untuk membuat seperti itu, maka buatlah sebuah seleksi berbentuk lingkaran dengan eliptical marquee tool.


Langkah 6
Setelah di seleksi jadi, kemidian pilihlah menu  select>invers.


Langkah 7
Buatlah layer baru, dengan cara melakukan klik pada new layer pada palet layer.
Isilah layer baru ini dengan sembarang warna. Pada contoh kali saya gunakan warna merah. Cara mengisi warnanya dengan memilih menu edit > fill. Pilih warna merah atau warna kesukaan anda.


Langkah 8
Sekarang kita akan membuat kalendernya.dari mana kita mencari kalender dengan mudah dan cepat? Lihat saja di pojok kanan bawah layer monitor, disitu Nampak jam. Klik dua kali pada angka dan jam tersebut sehingga muncul kotak dialog jam dan kelender. Aturlah agar kalender tersebut menunjukan bulan yang akan kita buat kalendernya. Kemudian copylah tampilan layer monitor dengan menekan tombol print screen di keyboard.


Langkah 9
Untuk membuat agar kalender Nampak menyatu dengan warna texture, pada layer kalender ubahlah blending optionya menjadi multifly.


Langkah 10
Anda juga bisa menambahkan tulisan atau bentuk-bentuk lain pada gambar tersebut.
Misalnya pada gambar yang sudah jadi di bawah ini, saya tambahkan  tulisan-tulisan pada sebelah kanan bawah dari gambar.







v  Sekarang kita masuk ke langkah-langkah pembuatan boneka.
Langkah 1
Buat dokumen baru, dengan ukuran 400x400 pixels. Bisa juga di sesuaikan dengan kebutuhan kita.


Langkah 2
Buat lingkaran atau elips dengan elicipital marquee tool.
Masih dengan menggunakan elicipital marquee tool, untuk membuat kedua daun telinganya.


Langkah 3
Pilih warna yagn kita ingnkan terus kita taburi dengan menggunakan paitn bucket tool.


Lanhkah 4
Sekarang kita akan membuat kedua bola matanya dengan elicipital marquee tool, dan kita beri warna dengan warna putih.


Langkah 5
Kita akan membuat bibrnya dengan menggunakan pen tool.


Langkah 6
Membuat papan nama dengan menggunakan rentangular marquee tool.


Langkah 7
Kita akan mewarnai papan nama tersebut sesuai dengan kebutuhan kita.


Langkah 8
Membuat tangan boneka tersebut dengan rentangular marquee tool.


Langkah 9
Kita tinggal memasukan tulisan-tulisan yang kita ingikan pada papan tersebut yang sudah kita buat tadi.






v  Sekarang kita masuk kelangkah-langkah pembuatan kartun.
Langkah 1
Buka poto yang kita buat menjadi kartun, lalu tekan ctrl + J untuk menduplikat


Langkah 2
Seleksi gambar tersebut dengan menggunakan pen tool


Langkah 3
Klik select klik invers lalu tekan delete untuk menghapus gambar background.


Langkah 4
Duplikat layer 1 yang sudah tdak ada bakcgroundnya kemudian setting kontrasnya.


Langkah 5
Ubah warna menjadi default yaitu hitam dan putih. Lalu klik filter >sketch>stamp. Atur warna resolusi poto sesua dengan keinginan kita.


Langkah 6.
Dan inilah hasilnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar