- Struktur Organisasi Fungsional: BCA Card Center Surabaya
1.
Gambaran Umum Perusahaan
BCA
Card Centrre Cabang Surabaya merupakan cabang kedua dari empat kantor cabang
yang dimiliki oleh BCA Card Centre di Indonesia. Sebagai cabng yang kedua, BCA
Card Centre Cabang Surabaya secara resmi mulai beroperasi pada bulan April
tahun a992, dimana pendiriannya mengacu pada dasar hukum atas kegiatan usaha
institusi kartu kredit yang pada umumnya dikeluarkan oleh bank-bank Indonesia.
Sedangkan
dasar hukumnya diataur di dalam pasal 6 huruf “I” Undang-Undang no.7 tahun 1992
tentang Perbankan yang berbunyi :
-Usaha
Bank meliputi melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan
wali amanat”.
Selain
itu, pendirian BCA Card Centre Cabang Suarabaya juga mengacu pada pokok-pokok
Paket Deregulasi Bidang Keuangan dan Perbankan tanggal 27 Oktober 1988 (PAKTO
27) nomor II angka “1″ mengenai kemudahan pembukaan kantor baik, dimana
di dalamnya dijelaskan pada huruf “C”, yaitu : “Untuk pembukaan kantor cabang
dapat dilakukan cukup dengan memberitahukan kepada Bank Indonesia”.
Adapun
tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dapat di uraikan sebagai
berikut :
- Branch Manager
a.
Bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.
b.
Bertanggung jawab kepada pimpinan pusat.
c.
Mempunyai wewenang tertinggi dalam pengambilan keputusan.
d.
Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang
ada dalam perusahaan.
- Sekretaris
a.
Membantu Branch Manager dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
b.
Menangani masalah-masalah kesekretariatan, seperti surat-menyurat, file, dan
sebagainya.
- Marketing Unit Head
a.
Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit pemasaran.
b.
Mengkoordinasikan dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit
pemasaran agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
- Marketing Cardholder
Bertugas
untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card ke perusahaan-perusahaan agar mau
memiliki BCA Card.
- Marketing Merchant
Bertugas
untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card dengan mendatangi toko-toko atau
pedagang agar mau menerima pembayaran dengan menggunakan BCA Card.
- Marketing Support
Bagian
dalam yang bertanggung jawab untuk mengurusio administrasi.
- Customer Service
Bertugas
untuk melayani pelanggan/konsumen yang datang langsung ke BCA Card Centre
ataupun yang melalui telepon.
- Credit
a.
Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian kredit.
b.
Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian kredit sesuai
dengan tujuan perusahaan.
- Analisa Kredit
Bertugas
menganalisa setiap permohonan/aplikasi yang masuk ke BCA Card Centre.
- Pengawasan Kredit
Bertugas
untuk mengecek tagihan yang masuk ke BCA Card Centre dan mengawasi kartu-kartu
kredit.
- Penagihan Kredit
Bertugas
untuk mengurusi pembayaran Cardholder dengan cara menelpon atau menagih secara
langsung.
- Risk dan Management Security
Bertugas
untuk membantu bagian pengawasan dan penagihan kredit (karena ketiga-tiganya
saling berkaitan).
- Operational Unit Head
a.
Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit operasional.
agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
b.
Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit
operasional agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
- Kasie Operasional
-Bertanggung
jawab kepada Operasional Unit Head.
-Mengawasi
tugas-tugas dari Staff Operational I dan Staff Operational II.
- Staff Operational I dan Staff Operational II
Bertugas
untuk mengoperasikan/memproses faktur-faktur yang masuk ke BCA Card Centre.
- Kolektor
Bertugas
untuk mengambil faktur di toko-toko atau pedagang yang menerima pembayaran
dengan BCA Card.
Fungsional asuransi
-
kepegawaian
ialah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin agar
tercapainya tujuan
organisasi
seimbang dengan sifat,hakikat dan fungsi organisasi serta sifat dan hakikat para
karyawan/anggotanya.
-
Layanan
pelanggan yang akan melayani pelanggan
-
Keuangan
karena untuk mengatur keuangan yang ada
di dalam perusahaan tersebut.
-
Keamanan
berfungsi sebagai menjaga keamanan
- RUMAH SAKIT
-
Peendaftaran
Pendaftaran ini
di gunakan untuk mencatat data pasien lama maupun baru. Untuk pasien baru,
modul ini akan mengeluarkan kartu pasien. Fitur ini dari modul ini antara lain
berkaitan dngan entri data base pasien yang berkaitan.
-
Instalasi gawat
darurat
Ini di guanakan
untuk mencatat administrsi dan transaksi pelayanan IGD yang di berikan.
-
Pusat rujukan
dan informasi medic
Ini brtindak
sebagai rujukan awal bagi pasien dan atau pasien dan atau pasien IGD untuk di
berikan tindakan pelayanan mdik.
-
Kasir ( pusat
dan poli )
Ini di gunakan
kasir, baik asir pusat/utama, kasir poli dan kasir unit medic lain untuk mencatat
permintaan jasa medic yang di berikan.
-
Poliklinik ( rawat
jalan )
Ini di gunakan
dalam mengendalikan kegiatan pelayanan di poli-poli rawat inap.
-
Radiologi
Ini di gunakan
dalam mengendalikan kegiatan pelayanan radiologi dengan mencatat registrasi
pasien, permintaan obat rotgen dan akses.
- fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa terdiri dari tiga tingkatan, yaitu :
a. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pertama (disingkat dengan
Pengelola PBJ Pertama): golongan III/a dan III/b, dengan tugas melaksanakan 187
kegiatan-kegiatan pengadaan barang dan jasa tingkat dasar.
b. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Muda (disingkat dengan
Pengelola PBJ Muda): golongan III/c dan III/d, dengan tugas melaksanakan 175
kegiatan pengadaan barang dan jasa tingkat menengah.
c. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Madya (disingkat dengan
Pengelola PBJ Madya): golongan VI/a sampai dengan IV/c dengan tugas
melaksanakan 92 kegiatan pengadaan barang dan jasa tingkat lanjut.
- fungsional pendidikan sekolah
-
kepegawaian berfungsi untuk
mencatat data-data yang berkaitan dengan kepegawaian
-
pergudangan berfungsi sebagai
tempat barang yang sudah tak terpakai
-
laboratorium berfungsi sebagai
tempat praktek siswa dan siswi
-
keamanan berfungsi sebagai
menjaga keamanan sekolah.
- Telekomunikasi
- Sambungan Telepon Kabel Tidak Bergerak
Plain
Old Telephone Services
(‘POTS’) merupakan layanan telefoni dasar
pada sambungan telepon kabel.
Layanan
Telepon Tetap Bernilai Tambah (VAS Fixed Wireline) merupakan fasilitas layanan bernilai tambah yang
dihadirkan satu paket dengan produk inti Kami untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan.
Layanan
Intelligent Network (IN)
atau Jaringan Pintar Teknologi Informasi (“JAPATI”) merupakan arsitektur
jaringan layanan berbasis teknologi informasi yang terhubung dengan sistem
sentral dan jaringan telekomunikasi Telkom. Pelanggan jasa JAPATI dapat
menikmati layanan FreeCall, Personal FreeCall, Split Charging,
UniCall, VirtualNet, PremiumCall, VoteCall dan VoteFree.
Layanan
Session Initiation Protocol (SIP)
adalah layanan berbasis teknologi IP Multimedia Subsystem (IMS)
yang memadukan teknologi nirkabel dan kabel untuk melayani jasa voice
dan data.
- Sambungan Telepon Nirkabel Tidak Bergerak
Layanan
Prabayar merupakan jasa sambungan telepon
yang dapat dinikmati pelanggan dengan membeli nomor perdana dan voucher
isi ulang agar dapat menggunakan jasa telekomunikasi yang diinginkan.
Layanan
Pascabayar merupakan layanan telepon dengan
sistem pembayaran yang ditagihkan pada pelanggan di akhir bulan atas jasa
telekomunikasi yang digunakan pada bulan sebelumnya.
- Seluler
Telkom
melayani jasa komunikasi seluler melalui Anak Perusahaan, Telkomsel, yang
memanfaatkan teknologi GSM dan frekuensi 3,5G. Layanan seluler masih menjadi
kontributor terbesar bagi pendapatan konsolidasi Perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar