Rabu, 07 Oktober 2015

BASIS DATA


  • Struktur Organisasi Fungsional: BCA Card Center Surabaya


1. Gambaran Umum Perusahaan
BCA Card Centrre Cabang Surabaya merupakan cabang kedua dari empat kantor cabang yang dimiliki oleh BCA Card Centre di Indonesia. Sebagai cabng yang kedua, BCA Card Centre Cabang Surabaya secara resmi mulai beroperasi pada bulan April tahun a992, dimana pendiriannya mengacu pada dasar hukum atas kegiatan usaha institusi kartu kredit yang pada umumnya dikeluarkan oleh bank-bank Indonesia.
Sedangkan dasar hukumnya diataur di dalam pasal 6 huruf “I” Undang-Undang no.7 tahun 1992 tentang Perbankan yang berbunyi :
-Usaha Bank meliputi melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali amanat”.
Selain itu, pendirian BCA Card Centre Cabang Suarabaya juga mengacu pada pokok-pokok Paket Deregulasi Bidang Keuangan dan Perbankan tanggal 27 Oktober 1988 (PAKTO 27) nomor II angka “1″ mengenai kemudahan pembukaan kantor baik, dimana  di dalamnya dijelaskan pada huruf “C”, yaitu : “Untuk pembukaan kantor cabang dapat dilakukan cukup dengan memberitahukan kepada Bank Indonesia”.
2. Struktur Organisasi

Adapun tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dapat di uraikan sebagai berikut :
  • Branch Manager
a. Bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.
b. Bertanggung jawab kepada pimpinan pusat.
c. Mempunyai wewenang tertinggi dalam pengambilan keputusan.
d. Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang ada dalam perusahaan.
  • Sekretaris
a. Membantu Branch Manager dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
b. Menangani masalah-masalah kesekretariatan, seperti surat-menyurat, file, dan sebagainya.
  • Marketing Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit pemasaran.
b. Mengkoordinasikan dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit pemasaran agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Marketing Cardholder
Bertugas untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card ke perusahaan-perusahaan agar mau memiliki BCA Card.
  • Marketing Merchant
Bertugas untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card dengan mendatangi toko-toko atau pedagang agar mau menerima pembayaran dengan menggunakan BCA Card.
  • Marketing Support
Bagian dalam yang bertanggung jawab untuk mengurusio administrasi.
  • Customer Service
Bertugas untuk melayani pelanggan/konsumen yang datang langsung ke BCA Card Centre ataupun yang melalui telepon.
  • Credit
a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian kredit.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian kredit sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Analisa Kredit
Bertugas menganalisa setiap permohonan/aplikasi yang masuk ke BCA Card Centre.
  • Pengawasan Kredit
Bertugas untuk mengecek tagihan yang masuk ke BCA Card Centre dan mengawasi kartu-kartu kredit.
  • Penagihan Kredit
Bertugas untuk mengurusi pembayaran Cardholder dengan cara menelpon atau menagih secara langsung.
  • Risk dan Management Security
Bertugas untuk membantu bagian pengawasan dan penagihan kredit (karena ketiga-tiganya saling berkaitan).
  • Operational Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit operasional. agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit operasional agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Kasie Operasional
-Bertanggung jawab kepada Operasional Unit Head.
-Mengawasi tugas-tugas dari Staff Operational I dan Staff Operational II.
  • Staff Operational I dan Staff Operational II
Bertugas untuk mengoperasikan/memproses faktur-faktur yang masuk ke BCA Card Centre.
  • Kolektor
Bertugas untuk mengambil faktur di toko-toko atau pedagang yang menerima pembayaran dengan BCA Card.













    Fungsional asuransi
-          kepegawaian ialah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin agar tercapainya tujuan
organisasi seimbang dengan sifat,hakikat dan fungsi organisasi serta sifat dan hakikat para karyawan/anggotanya.
-          Layanan pelanggan yang akan melayani pelanggan
-          Keuangan karena  untuk mengatur keuangan yang ada di dalam perusahaan tersebut.
-          Keamanan berfungsi sebagai menjaga keamanan







  •  RUMAH SAKIT
-          Peendaftaran
Pendaftaran ini di gunakan untuk mencatat data pasien lama maupun baru. Untuk pasien baru, modul ini akan mengeluarkan kartu pasien. Fitur ini dari modul ini antara lain berkaitan dngan entri data base pasien yang berkaitan.
-          Instalasi gawat darurat
Ini di guanakan untuk mencatat administrsi dan transaksi pelayanan IGD yang di berikan.
-          Pusat rujukan dan informasi medic
Ini brtindak sebagai rujukan awal bagi pasien dan atau pasien dan atau pasien IGD untuk di berikan tindakan pelayanan mdik.
-          Kasir ( pusat dan poli )
Ini di gunakan kasir, baik asir pusat/utama, kasir poli dan kasir unit medic lain untuk mencatat permintaan jasa medic yang di berikan.
-          Poliklinik ( rawat jalan )
Ini di gunakan dalam mengendalikan kegiatan pelayanan di poli-poli rawat inap.
-          Radiologi
Ini di gunakan dalam mengendalikan kegiatan pelayanan radiologi dengan mencatat registrasi pasien, permintaan obat rotgen dan akses.  






  •  fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa terdiri dari tiga tingkatan, yaitu :

a.    Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pertama (disingkat dengan Pengelola PBJ Pertama): golongan III/a dan III/b, dengan tugas melaksanakan 187 kegiatan-kegiatan pengadaan barang dan jasa tingkat dasar.
b.   Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Muda (disingkat dengan Pengelola PBJ Muda): golongan III/c dan III/d, dengan tugas melaksanakan 175 kegiatan pengadaan barang dan jasa tingkat menengah.
c.    Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Madya (disingkat dengan Pengelola PBJ Madya): golongan VI/a sampai dengan IV/c dengan tugas melaksanakan 92 kegiatan pengadaan barang dan jasa tingkat lanjut.

















  •  fungsional pendidikan sekolah
-          kepegawaian berfungsi untuk mencatat data-data yang berkaitan dengan kepegawaian
-          pergudangan berfungsi sebagai tempat barang yang sudah tak terpakai
-          laboratorium berfungsi sebagai tempat praktek siswa dan siswi
-          keamanan berfungsi sebagai menjaga keamanan sekolah.






  • Telekomunikasi
  1. Sambungan Telepon Kabel Tidak Bergerak
Plain Old Telephone Services (‘POTS’) merupakan layanan telefoni dasar pada sambungan telepon kabel.
Layanan Telepon Tetap Bernilai Tambah (VAS Fixed Wireline) merupakan fasilitas layanan bernilai tambah yang dihadirkan satu paket dengan produk inti Kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Layanan Intelligent Network (IN) atau Jaringan Pintar Teknologi Informasi (“JAPATI”) merupakan arsitektur jaringan layanan berbasis teknologi informasi yang terhubung dengan sistem sentral dan jaringan telekomunikasi Telkom. Pelanggan jasa JAPATI dapat menikmati layanan FreeCall, Personal FreeCall, Split Charging, UniCall, VirtualNet, PremiumCall, VoteCall dan VoteFree.
Layanan Session Initiation Protocol (SIP) adalah layanan berbasis teknologi IP Multimedia Subsystem (IMS) yang memadukan teknologi nirkabel dan kabel untuk melayani jasa voice dan data.
  1. Sambungan Telepon Nirkabel Tidak Bergerak
Layanan Prabayar merupakan jasa sambungan telepon yang dapat dinikmati pelanggan dengan membeli nomor perdana dan voucher isi ulang agar dapat menggunakan jasa telekomunikasi yang diinginkan.
Layanan Pascabayar merupakan layanan telepon dengan sistem pembayaran yang ditagihkan pada pelanggan di akhir bulan atas jasa telekomunikasi yang digunakan pada bulan sebelumnya.
  1. Seluler
Telkom melayani jasa komunikasi seluler melalui Anak Perusahaan, Telkomsel, yang memanfaatkan teknologi GSM dan frekuensi 3,5G. Layanan seluler masih menjadi kontributor terbesar bagi pendapatan konsolidasi Perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar